“Ya Allah bantulah aku…”

Suatu hari, Rasulullah saw. bersabda, “Hai Mu’adz, demi Allah aku sungguh sayang kepadamu. Setiap kali engkau selesai shalat jangan lupa mengucapkan, Ya Allah, bantulah aku untuk selalu ingat, bersyukur, dan beribadah kepada-Mu dengan baik.”

Begitulah semestinya. ” Ya Allah bantulah aku…” Rasulullah saw. selalu mengulang-ulang kandungan makna pesan ini agar manusia sadar bahwa mereka tidak mempunyai daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung.

Mu’adz sendiri selalu memahami tujuan pesan ini bahkan sudah mempraktikannya. di suatu pagi, Rasulullah menemuinya dan bertanya, “Bagaimana keadaanmu di pagi ini?” Ia menjawab, “Di pagi ini aku benar-benar beiman, ya Rasulullah.”

Rasulullah bertanya, “Apa buktinya?”

Mu’adz menjawab, “Di setiap pagi, aku merasa tidak akan hidup sampai sore hari. Dan di setiap sore akumerasa tidak akan hidup sampai pagi hari. Setiap aku melangkahkan satu kaki, aku merasa tidak bisa melangkahkan kaki yang satunya. Aku seperti melihat umat demi umat dipanggil melihat ctatn amalnya. Aku seperti melihat penduduk surga sedang menikmati yang tersedia di surga, dan penduduk neraka sedang merasakan siksa neraka.”

Rasulullah bersabda, ” Kamu sudah mengetahuinya, maka pegang teguhlah, jangan dilepaskan.”

sungguh tepat gambaran yang diberikan Ibnu Mas’ud tentang kepribadiannya, “Mu’adz itu seniai dengan satu umat yang tunduk dan patuh kepada Allah. Kami menganggap Mu’adz serupa dengan nabi Ibrahi as.”

Mu’adz senantiasa mengajak manusia untuk terus belajar dan mengingat Allah. Ia selalu mengajak manusia untuk menuntut ilmu yang bermanfaat. Ia berpesan, “Waspadalah terhadap tergelincirnya orang pandai. Kenalilah kebenaran dengan kebenaran, karena kebenaran mempunyai cahaya.”

sourcer: sepenggal dari buku “60 Sirah Sahabat Rasulullah SAW”

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s